Sunday, July 8, 2018

Perbedaan virus, worm, trojan dan malware berdasarkan CEH



    1. Virus
Virus adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Tujuan pembuatannya adalan untuk merusak (misalnya merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Cara kerja virus adalah dimulai dari beberapa virus mempengaruhi komputer segera setelah kode mereka dijalankan; virus lain tertidur sampai keadaan logis yang telah ditentukan sebelumnya terpenuhi. Pada fase infeksi, virus bereplikasi sendiri dan menempel pada file .exe di dalam sistem.
Contoh virus : Worm, Trojan, Rain, Ohe half, Die hard,XM/Laroux, Win95/CIH
    1. Worms
Worms adalah jenis virus yang merupakan program jahat yang mereplikasi, mengeksekusi, dan menyebar di seluruh koneksi jaringan secara mandiri tanpa interaksi manusia. Tujuan dibuatnya worm adalah untuk mengubah atau merusak file dan program dengan memanfaatkan fitur transportasi file dan menyebar melalui jaringan.
Cara kerja dimulai dari sebagian besar Worms dibuat hanya untuk mereplikasi dan menyebar di seluruh jaringan, memakan sumber daya komputasi yang tersedia; Namun, beberapa Worms membawa muatan untuk merusak sistem host.
Contoh : I-wrom/Happy99 (Ska), I-wrom/ExploreZ IP,Sobig,Nimda ,Code Red, Siram
    1. Trojan
Trojan adalah Replika atau duplikat virus. Trojan dimasukan sebagai virus karena sifat program yang tidak diinginkan dan bekerja dengan sendirinya pada sebuah computer. Tujuan dibuatnya Trojan adalah untuk mengganggu program yang sedang dijalankan didalam komputer dan membuat program tersebut menjadi kacau.
Cara kerja yaitu penyerang mendapat akses ke password yang tersimpan di komputer. Trojan dan akan dapat membaca dokumen pribadi, menghapus file dan menampilkan gambar, dan / atau menampilkan pesan di layar.
Contoh : WinTrojan/Bac k Orifice, WinTrojan/Eco kys(Korean)
    1. Malware
Malware adalah Program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem.
Cara kerja malware yaitu mencari sasaran softeare untuk dicari kelemahan software. Kemudian software tersebut dirusak atau dibobol oleh malware tersebut.
Contoh : Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Browser Hijacker, Trojan Horse, Spyware, Backdoor, Dialer, Exploit dan rootkit
    1. Spyware
Adalah Sebuah Software yang tujuannya mengumpulkan informasi tentang seseorang atau organisasi tanpa sepengetahuan dari target tersebut. Tujuan dari software ini biasanya untuk memonitor atau untuk menyimpan behavior dari user saat melakukan browsing di internet yang selanjutnya data tersebut digunakan untuk menyampaikan iklan.
    1. Adware
Adalah software yang menghasilkan uang untuk developernya dengan menampilkan iklan pada computer yang terinstall adware tersebut.
    1. Ransomware
Adalah sebuah malware yang akan memblokir akses data korban ataupun mengancam untuk mempublikasikan data dari korban kecuali korban mau membayar sejumlah uang kepada penyerang supaya data dapat diakses kembali.



No comments:

Post a Comment